Wew! Judulnya cukup luar biasa kan? SEDEKAH TANPA UANG
Tapi, gimana caranya ya? Hoho, jangan khawatir, bro! Di bawah ini ada beberapa caranya, baca aja.

Di Seri Sedekah sebelumnya, sudah disebutkan bahwa sedekah gak harus selalu pake yang namanya uang atau artos atau duit atau fulus atau money atau apapun namanya. Nah, sekarang ini, akan disebutkan, bagaimana sih caranya?
Oke! Tak jelaskan beberapa saja.


Nih brur, ada beberapa perbuatan kalo dilakukan ternyata itu merupakan sedekah! Bahkan ternyata banyak perbuatan yang ternyata sedekah ini sering kita lakukan! Nih Baca aja deh,

"Setiap persendian manusia mempunyai kewajiban bersedekah setiap hari ketika matahari terbit." Beliau bersabda, "Engkau berlaku adil antara dua orang adalah sedekah, engkau membantu seseorang dengan cara mengangkatnya naik ke atas kendaraannya ataupun engkau angkatkan barang-barangnya ke atas kendaraannya adalah sedekah." Beliau bersabda pula, "Perkataan yang baik adalah sedekah, setiap langkah yang engkau ayunkan menuju shalat adalah sedekah, dan menyingkirakn duri di jalan juga sedekah." (HR Muslim)

Tuh, kan, cuma menyingkirkan duri di jalan aja udah menjadi sedekah! betapa mudahnya sedekah.

Eh, brur, masih banyak yang menjadi sedekah dari perbuatan atau lisan kita, baca terus yaa

"Sesungguhnya, setiap anak Adam diciptakan terdiri dari 360 persendian. Barangsiapa yang mengucapkan takbir, tahmid, tahlil, tasbih, dan istighfar kepada Alloh; menyingkirkan batu, duri, atau tulang yang menghalangi jalan manusia; dan beramar makruf nahi munkar; maka yang demikian itu dihitung setara dengan 360 persendian, karena sesungguhnya pada hari itu ia berjalan dalam keadaan menjauhkan dirinya dari api neraka." (HR Muslim)


Apakah para teman semua sering mengucapkan salam kepada orang lain? Jika iya, maka selamat! Kamu beruntung! Ternyata itu pun sedekah! Percaya gak?
Nih ada hadisnya kok,
"Setiap persendian anak Adam hendaklah bersedakh saap pagi hari tiba," Sabda Nabi ini memberatkan kaum muslimin. Lalu, beliau bersabda, "Ucapan salam terhadap hamba Alloh adalah sedekah..." (HR Ahmad dan Al-Albani dalam menshahihkannya As-Silsilah Ash-Shahihah)

Betapa mudahnya bukan? Cukup mengucapkan, "Assalamualaikum," maka kita sudah bersedekah! Luar biasa!

Nah ternyata masih ada yang lebih mudah lagi brur! Liat gambar di bawah


Senyum itu sedekah! Mudah kan?



"Senyumanmu kepada saudaramu adalah sedekah..." (HR At-Tirmidzi dan Al-Albani menghasankannya).

"Setiap kebaikan itu bernilai sedekah. Di antara hal yang termasuk kebaikan adalah engkau menemui saudaramu dengan wajah yang berseri dan engkau tuangkan air dari embermu ke bejana saudaramu." (HR At-Tirmidzi dan Al-Albani menshahihkannya.)


Brur! Di bawah ini ada perbuatan yang bernilai pahala haji dan umrah setiap hari! Wow! Siapa yang tidak ingin dengannya?

"Barangsiapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan suci untuk melaksanakan shalat fardhu, pahalanya seperti pahala haji. Barangsiapa yang keluar untuk Shalat Dhuha, ia tidak keluar melainkan hanya untuk itu, pahalanya seperti pahala umrah. Menunaikan shalat sunnah setelah shalat fardhu yang tidak disertai dengan perbuatan sia-sia, maka ia dicatat sebagai penguni surga Illiyyin." (HR Abu Dawud dan Al-Albani menshahihkannya)


Bagi yang suka nanam tanaman, kamu beruntung juga, sedekah juga tuh!
"Tiada serang Muslim yang menanam suatu tanaman, kemudian dimakan oleh burung, manusia, ataupun binatang ternak, kecuali hal itu bernilai sedekah untuknya." (HR Al-Bukhari)

dalam hadis lain Rasulullah bersabda,
"Tiada seorang Muslim yang menanam tanaman kecuali yang ia makan itu bernilai sedekah, yang dicuri bernilai sedekah, yang dimakan binatang buas bernilai sedekah dan yang dimakan burung juga bernilai sedekah. Begitu pula yang berkurang karena diminta oleh seseorang juga bernilai sedeah baginya." (HR Muslim)


Nah, ini bagi yang merasa pinter, cerdas dalam ilmu, cepet-cepet ajarkan pada orang lain, karena itu pun SEDEKAH!

"Bila seorang manusia meninggal dunia, maka amalnya terputus kecuali tiga hal. Yaitu, sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang mendoakannya." (HR Muslim)


Wahwah, brur! Banyak juga hal-hal mudah yang bisa menjadi sedekah, sebenarnya masih banyak lagi, tapi karena sangan banyak, jadi hanya segini yang bisa disampaikan.

Nah, kalau udah tau bahwa sedekah tak harus pakai uang, maka

TUNGGU APA LAGI? YUK SEDEKAH!



Post a Comment

  1. sipppp......sedekah lewat tulisan... ^_^

    ReplyDelete
  2. sedekah bisa dilakukan dengan cara apapun dan bukan hanya dengan uang,, tapi balasan nya pun itu tergantung dari yang ia sedekahkan,, kalo sedekah doa yah orang itu akan dapat balasan doa,kalo sedekah tenaga yah balesan nya tenaga juga,dan kalo sedekah dengan duit balesan nya apa yah??hmmm,, ya sudah pasti uang juga lahh dan akan di balas belipat ganda oleh Tuhan,, ga percaya??silahkan buktikan ^^

    visit back yah

    http://gustav-econimics.blogspot.com/

    thx

    ReplyDelete
  3. uang memang bukan segala nya tapi segala hal membutuhkan uang,dan di dapatkan dengan uang pula juga,,hehe

    jadi kalo buat sedekah mah jangan pelit2 ^^

    salam sukses

    ReplyDelete
  4. @Kiki Alfatih

    :D
    alhamdulillah, semoga benar-benar menjadi sedekah.
    Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar.

    Semoga Bermanfaat

    ReplyDelete
  5. @Muhammad Gustavie

    Insya Allah percaya bahwa sedekah kita akan dilipatgandakan, sudah banyak buktinya. :D

    Iya, untuk sedekah jangan pelit-pelit, haha, saya masih mencoba agar bisa lebih baik lagi dalam hal bersedakah.

    Salam sukses juga.


    Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar.

    Semoga Bermanfaat

    ReplyDelete

Silakan berkomentar, gunakanlah bahasa yang santun dan sopan serta sesuai dengan tulisan di atas

Semoga Bermanfaat

{picture#https://scontent-sit4-1.cdninstagram.com/t51.2885-19/s150x150/17267722_1245948538787640_8789077931864358912_a.jpg} Admin Account Semoga Bermanfaat {facebook#http://facebook.com/semoga.bermanfaat} {twitter#http://twitter.com/sbermanfaat} {google#https://plus.google.com/u/0/116784461566972914884/} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#http://instagram.com/semogabermanfaat.ig}

Firman Maulana

{picture#https://3.bp.blogspot.com/-U1aM9n96h0Y/WM1XmBwF9aI/AAAAAAAAKXo/bUbTa07BrSsGHy7gIR5IWimOfQeiId9fgCLcB/s200/Firman_Founder.png} Founder & Chief Editor Semoga Bermanfaat. Mempunyai kesukaan dalam hal membaca, menulis, lari, dan sepakbola. {facebook#http://facebook.com/maulana.firman} {twitter#http://twitter.com/doausahaoptimis} {google#https://plus.google.com/112678098885074151099/} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#http://instagram.com/firmaulana}
Powered by Blogger.