Analytical Exposition (Contoh Teks)


The Dangerous of Using Drugs

Everybody must pay attention of drugs. Drugs are very dangerous for us. Why it is very dangerous for us? Because its can caused harm to our body.

In terms of health, many organs in our body can be harm because using drug. In general, the impact of using drug are can unconscious, make us hallucinate, can harm our nerve, and cause addictive effect. Beside that, using drugs can make the users depressed, liver disease, schizophrenia, blockage of blood vessels, dehydration, optic nerve damage, brain damage, and finally it can cause DEATH!

When viewed in terms of Islamic law, drugs are forbidden. Because it is cause badness, self harm, debilitate. And Islam proscribes all that can cause badness, self harm because it is included zhalim. Also if we using drugs, it means we already do the forbidden things in Islam, it means we sin. So, in terms of Islamic law, using drugs also dangerous.

Furthermore, if the users of drugs are teenagers, it can endanger their future, and endanger their homeland, their country. From the data, 32 percent of drugs users in Indonesia are teenagers, so, if many teenagers –in this case Indonesia- use drugs, it can be endanger this country, harm youth generation, whereas youths are nation expectation. If the youth using drugs, our nation can be destroy!

So, from now on we must pay attention of drugs, because it’s very dangerous, both in terms of health, religion (Islam), nationality and state.

15 comments:

  1. Terimakasih untuk admin yang telah menampilkan contoh teks analytical exposition berjudul The Dangerous of Using Drugs. Namun kalau boleh saya memohon untuk lebih memperhatikan tata bahasa dalam karangan tersebut karena ada beberapa kata yang tidak sesuai dengan grammar yang baku.Ditakutkannya dapat membuat anak murid yang mendown load menjadi bingung.Maaf kalau ada kata kata yang tidak berkenan di hati anda.

    ReplyDelete
  2. @Anonim:
    Terima kasih, saya mohon maaf karena terdapat kesalahan pada grammar, dan memang saya pun masih belajar, jadi mohon maaf karena terdapat kesalahan. Postingan ini pun sebenarnya tugas sekolah saya yang saya posting di sini, jadi sekali lagi saya mohon maaf.

    Mungkin anda bisa mengkoreksi contoh teks di atas, agar tak membingungkan lagi. Terima kasih, dan saya tentu sangat bersyukur jika anda berkenan memperbaikinya.

    Sekali lagi, mohon maaf dan terima kasih, baik kepada pengunjung maupun kepada anda yang telah memberi kritik/saran yang benar-benar membangun.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Mana Thesis, argument, sama conclutionnya ? T_____T

    ReplyDelete
  4. @Anonim

    Maaf, tapi dari yang saya dapatkan ketika belajar di sekolah, di Analytical Exposition tidak ada conclusion, tapi yang ada adalah reiteration (penegasan kembali masalahnya dari yang disampaikan oleh penulis)

    jadi:
    - Thesis (writer opinion): Paragraph 1 (ditunjukan dengan menyebutkan drugs sebagai masalahnya)

    - Argument (reasons): paragraph 2-4 (ditunjukan dengan alasan di masing-masing paragraf, yakni berdampak atau ditinjau dari kesehatan (1), dari segi agama islam (2), dan segi pemuda dan negara (3))

    - Reiteration (re-state of writer's opinion): paragraph 5/terakhir (ditunjukkan dengan pernyataan bahwa kita mesti lebih memperhatikan tentang masalah drugs (we must pay attention of drugs...), dan pernyataan bahwa ini sangat berbahaya, baik dalam kesehatan, agama (islam yang dibahas), serta kenegaraan.


    sekian, semoga bisa menjawab pertanyaan pembaca yang baik ini.
    Maaf apabila terdapat kesalahan, karena contoh teks Analytical Exposition di atas merupakan tugas saat saya berada di kelas XI.
    Alangkah senangnya apabila ada di antara pembaca yang baik ini yang bersedia mengoreksinya.
    Terima kasih.

    Semoga Bermanfaat. :)

    ReplyDelete
  5. bagus karangannya namun ada satu kalimat dan beberapa masalah argumetns yang fatal dan kurang mengena untuk setiap argumen nya. yaitu pada thesis ade menyebutkan "Drugs are very dangerous for us. Why it is very dangerous for us?" ini sudah pas. tetapi anak kalimat "Because its can caused harm to our body". kurang pas pada argument secara keseluruhan. berarti ade telah spesifikkan pada bahaya drugs pada tubuh kita, berarti hany seputar dalam tubus seperti zat zat yang terkandung...atau efeknya bagi tubuh. itu sebenarnya sudah tekandung dalam paragrap pertama. masuk paragrap kedua sudah melenceng yaitu masalah hukum, yang kurang kena kepada thesisnya. terlalu spesifik sehingga agak lari dari thesis.
    paragraph ketiga juga tidak mengena kepada thesis.

    jadi solusinya adikku sayang; coba diperhatikan dulu thesisnya kira-kira apa yang mencakup argumen-argumennya. Misalnya; thesisnya adalah "drugs makes people die". kalau seperti ini thesisnya maka arguments nya adalah alasan-alasan drugs itu membuat pemakainya meninggal, berarti termasuk zat-zat nya yang berbahaya,atau reaksi zat zat drugs didalam tubu hingga minimbulkan kematian, bisa juga dimasukkan contoh-contoh orang/public figur yang mati terkapar karena overdosis tetapi jangan dimasukkan masalah public figur yang masuk penjara karena mengkonsumsi drugs atau masalah bandar narkoba (itu akan melenceng dari thesis) namun bisa juga sekilas dimasukkan masalah larangannya namun do not too specific dan harus konsisten dengan thesis hingga ke reiteration. selamat mencoba lagi adikku pintar:-) lanjutkan

    ReplyDelete
  6. at the last paragraph..
    religion(islam)??? just islam??? no, we in indonesia have 5 religion. not just islam! all the religion say the same. drugs are forbbiden for all people.

    ReplyDelete
  7. @Anonymous

    Firstly, thank you for your comment. :)
    But I think let's look the third paragraph, "When viewed in terms of Islamic law, drugs are forbidden." Means that I just view from Islamic law because it is my religion. Of course I know Indonesia have five religion in this country and I believe the other religion forbid the use of drugs, but like I said before, it's only view from Islamic law, and not means I didn't acknowledge the other religion.
    I think that's all, hope it will help to respond your comment. :)

    ReplyDelete
  8. @emmi
    terima kasih banyak atas kritik dan sarannya yang sangat membantu. :)

    baik jadi sebagai penjelasan saja bagi pengunjung yang membaca tulisan saya tentang salah satu contoh teks Analytical Exposition.
    Ini adalah tugas mata pelajaran Bahasa Inggris waktu saya SMA, dan pastinya memungkinkan adanya kesalahan. Oleh karenanya bagi yang ingin mengambil tulisan di atas sangat disarankan untuk mengecek grammar dan lain-lainnya, karena memang sejujurnya saya kurang bagus tentang grammar.
    Sekian, Semoga Bermanfaat. :)

    Sekali lagi terima kasih untuk Kakak Emmi atas kritik dan sarannya. :D

    ReplyDelete

Silakan berkomentar, gunakanlah bahasa yang santun dan sopan serta sesuai dengan tulisan di atas