بسم الله الرحمن الرحيم



Kota Bandung lagi - lagi dihebohkan oleh terobosan baru Walikota Bandung Ridwan Kamil atau sering kita sapa Kang Emil. Tidak hanya taman - taman tematik saja yang mempercantik kota kembang saat ini, tanggal 2 Februari 2017 telah diresmikan oleh Pemerintah Kota Bandung jembatan layang bagi pejalan kaki atau Skywalk Cihampelas. Jembatan yang diberi nama Teras Cihampelas ini memiliki panjang 500 meter yang membentang dari Rumah Sakit Advent hingga lebih dari Cihampelas Walk (Ciwalk).

Teras Cihampelas ini merupakan usaha pemerintah untuk memfasilitasi para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan sepanjang Jalan Cihampelas, karena banyak oknum PKL yang berdagang di trotoar sehingga merebut hak pejalan kaki. Maka selain itu, tujuan dibuatnya Skywalk ini supaya tercipta kenyamanan bagi pejalan kaki.

Information Board Teras Cihampelas - Teras 1.
Terkait PKL, Pemerintah Kota Bandung menjamin bahwa semua PKL yang semula berjualan di trotoar sekitar Jalan Cihampelas dan Cihampelas Walk ini telah semua tertampung. Hal ini karena adanya koordinasi antara Pemerintah Kota Bandung dan kelompok PKL dan warga sekitar Cihampelas, sehingga terjadi pendataan jumlah PKL. Pendataan ini memberikan jumlah pasti banyaknya PKL sehingga semua dapat tertampung.

Desain kios yang diberikan kepada PKL pun sama dan menarik, masing-masing kios disesuaikan bentuknya untuk keperluan penjualan makanan atau pakaian / suvenir. Kios yang digunakan untuk penjualan makanan dilengkapi dengan wastafel untuk mencuci peralatan makan. Masing-masing kios juga diberi nomor dan kategori untuk menunjukkan kios tersebut menjual makanan atau pakaian / suvenir.

Skywalk pertama di Indonesia ini menyuguhkan berbagai pilihan kepada warga, karena tidak hanya dapat menikmati pemandangan atau berjalan - jalan di atas jembatan melainkan warga dapat berbelanja pakaian dan wisata kuliner. Desain yang unik dan instagramable dari teras Cihampelas kerap menarik minat warga untuk datang ke tempat ini. Skywalk ini terbagi ke dalam dua belas bagian yang disebut sebagai Teras, maka terdapat dua belas teras terbentang yang dapat dikunjungi.

Lift yang bisa digunakan untuk masyarakat difabel
Tempat ini tentu saja tidak dikhususkan untuk anak muda saja, bahkan untuk manula, warga difabel, dan ibu - ibu hamil pun dapat menikmati keindahan dari Teras Cihampelas. Tidak hanya bagus secara desain, Teras Cihampelas ini ditata sedemikian rupa agar warga yang berkunjung merasa nyaman. Adanya lift yang dapat digunakan oleh manula, warga difabel, dan ibu - ibu hamil.

Teras Cihampelas juga bisa dikatakan ramah bagi pengunjung, selain adanya lift, Teras Cihampelas juga dilengkapi dengan banyak tempat duduk serta meja di beberapa tempat. Adanya wastafel dan tempat sampah juga menambah kenyamanan bagi pengunjung. Ditambah lagi, di beberapa titik disediakan papan informasi mengenai lokasi, posisi tangga, lift, kamar kecil, serta musola. Hal ini tentunya memudahkan pengunjung untuk menemukan tempat-tempat yang dituju.

Inilah Teras Cihampelas, tidak hanya sebagai upaya Pemkot untuk mengatasi masalah PKL dan kemacetan di sekitar Jalan Cihampelas, namun juga sebagai upaya lain memberikan ruang terbuka bagi warga Bandung dan wisatawan untuk berkumpul dan berwisata.



[gallery] [img src="https://3.bp.blogspot.com/-ZNf-Il7Uuc4/WNC0KilDa8I/AAAAAAAAAD4/WM6d_zM8LQM4LjGRQoaaFZnHqRwqlZ9ggCLcB/s1600/Teras-Cihampelas-4.jpg"][/img] [img src="https://2.bp.blogspot.com/-jMBiD_j91q0/WNC0LAylCnI/AAAAAAAAAD8/M5N8cB8Taxk6WK2Rx0vdipGYwfmZ5elNgCLcB/s1600/Teras-Cihampelas-5.jpg"][/img] [img src="https://2.bp.blogspot.com/-yoGIexQeMWs/WNC0MXcPPXI/AAAAAAAAAEA/K8s1rQCwRK0wgngd0za_5uEhjDWBeUgSACLcB/s1600/Teras-Cihampelas-6.jpg"][/img] [img src="https://4.bp.blogspot.com/-CIvOak4izSk/WNC0OH0dFmI/AAAAAAAAAEE/VxEqrLS4y3E0piFQ2Y4pb4dudxmLAIj8QCLcB/s1600/Teras-Cihampelas-7.jpg"][/img] [/gallery]

[tab] [content title="Tentang Penulis"] Fadhlan Fathurrachman
Scientist perusahaan farmasi, seorang musisi, dan Social Media Specialist Semoga Bermanfaat. [/content] [content title="Tulisan Lain Dari Fadhlan Fathurrachman"]
[/content] [/tab]

Post a Comment

Silakan berkomentar, gunakanlah bahasa yang santun dan sopan serta sesuai dengan tulisan di atas

Semoga Bermanfaat

{picture#https://scontent-sit4-1.cdninstagram.com/t51.2885-19/s150x150/17267722_1245948538787640_8789077931864358912_a.jpg} Admin Account Semoga Bermanfaat {facebook#http://facebook.com/semoga.bermanfaat} {twitter#http://twitter.com/sbermanfaat} {google#https://plus.google.com/u/0/116784461566972914884/} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#http://instagram.com/semogabermanfaat.ig}

Firman Maulana

{picture#https://3.bp.blogspot.com/-U1aM9n96h0Y/WM1XmBwF9aI/AAAAAAAAKXo/bUbTa07BrSsGHy7gIR5IWimOfQeiId9fgCLcB/s200/Firman_Founder.png} Founder & Chief Editor Semoga Bermanfaat. Mempunyai kesukaan dalam hal membaca, menulis, lari, dan sepakbola. {facebook#http://facebook.com/maulana.firman} {twitter#http://twitter.com/doausahaoptimis} {google#https://plus.google.com/112678098885074151099/} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#http://instagram.com/firmaulana}
Powered by Blogger.