بسم الله الرحمن الرحيم

Hampir di tiap tempat terdapat semacam Landmark, begitu juga dengan kampus kita, Universitas Padjadjaran.

Universitas Padjadjaran - Kampus Jatinangor.
Nah, berhubung saya berkuliah di Kampus Jatinangor, maka saya hanya akan meyebutkan Landmark di Kampus ini saja, tidak sampai ke Kampus Dipati Ukur.

Oke, apa saja landmark di Universitas Padjadjaran (Unpad) Kampus Jatinangor ini? Yuk kita telusuri.


Gedung Rektorat
Tampak Luar Gedung Rektorat Unpad. image-cr: skyscrapercity.com



Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran ini merupakan gedung baru, diresmikan pada tahun 2012 oleh Prof. Dr. Ir. Ganjar Kurnia, DEA selaku Rektor. Gedung Rektorat yang terkadang disebut sebagai Gelora Bung Ganjar (GBG) oleh sebagian mahasiswa karena bentuknya yang seperti Stadion bila dilihat dari luar.
Tampak dalam Gedung Rektorat Unpad. image: Dokumentasi Pribadi
Kalau kita masuk ke bagian dalam, terdapat taman di tengah-tengahnya yang di antaranya membentuk lambang Unpad. Di dalam gedung ini juga terdapat ruang yang disebut Bale Sawala.
Daerah di sekitarnya pun cukup menarik, di bagian luar terdapat beberapa kolam, taman serta tempat (saya lupa disebut apa) yang di sana terdapat bendera-bendera dari 16 Fakultas di Universitas Padjadjaran.










Bale Santika Tanginas Waras Bhinekas


Bale Santika Unpad. image-cr: twicsy.com
Tempat ini lebih sering disebut Bale Santika atau Bale. Terdiri dari tiga gedung, yakni Auditorium yang terletak di tengah-tengah, sementara di sebelah Barat nya terdapat Gedung Olahraga Basket, Voli, dan Bulutangkis, sementara Gedung Olahraga Futsal terletak di sebelah Timur. Setiap hari Bale Santika selalu ramai oleh kegiatan-kegiatan, baik olahraga, seni, seminar ataupun acara-acara lainnya.



Gedung PPBS (Pusat Pelayanan Basic Science)

PPBS Unpad. image-cr: unpad.ac.id

Gedung ini dikenal juga sebagai Gedung Biru karena dari segi warnanya yang memang berwarna biru. Gedung ini merupakan Gedung Kuliah Bersama (GKB) beberapa fakultas, seperti FMIPA, Fak. Teknik Geologi, dan lain-lain.
Terdapat empat gedung, yakni gedung A dan B sebagai tempat perkuliahan dan perpustakaan, sementara gedung C dan D sebagai Laboratorium.

Gedung Pusat Studi Bahasa Jepang (PSBJ)
Gedung PSBJ Unpad. image-cr: masamukamaga.blogspot.com
Gedung Pusat Studi Bahasa Jepang (PSBJ) merupakan tempat perkuliahan di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unpad. Gedung ini merupakan hibah dari Pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) yang dibangun pada tahun 1987. PSBJ juga sering digunakan untuk berbagai event, seperti seminar, bedah buku, pertunjukan seni dan sebagainya.

Stadion Jati Padjadajaran

Stadion Jati Padjadjaran. image-cr: unpad.ac.id

Merupakan Stadion Sepakbola yang dimiliki oleh Universitas Padjadjaran. Stadion yang berkapasitas 1.500 orang ini sering digunakan untuk penyambutan mahasiswa baru Unpad. Selain itu, beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) juga sering berlatih di sini, karena terdapat beberapa ruangan di dalamnya. Event-event lain yang digelar di sini di antaranya adalah Forsi (Festival Olahraga dan Seni) serta PEF (Padjadjaran Education Festival) 2013. Setiap hari minggu Stadion Jati cukup ramai karena memang memiliki Jogging Track yang sering digunakan mahasiswa.

Kompleks UKM Barat

Sebagian kecil Kompleks UKM Barat Unpad. image-cr: panoramio.com
Di sini merupakan tempat dari berbagai Sekretariat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unpad yang terletak di bagian Barat, tepat di depan gedung Fakultas Kedokteran Unpad.
Beberapa UKM yang ada di sini yakni Lises (Lingkung Senin Sunda) Unpad, Shorinji Kempo, UKM Bridge, Unit Hoki Unpad, Spektrum (UKM Fotografi) Unpad, dan lainnya. Di sini juga terdapat Sekretariat Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM Kema) Unpad serta ruangan Sekretariat Bersama atau Sekber.


Kompleks UKM Timur

Kompleks UKM Timur Unpad. image-cr: anakunpad.com

Kalau ada Barat, tentu ada Timur. Nah area ini juga tak jauh beda dengan Kompleks UKM Barat, tentunya diisi oleh Sekretariat UKM, di antaranya adalah USBU (Unit Sepakbola Unpad), Pramuka Unpad, Korps Protokoler Mahasiswa (KPM Unpad, Resimen Mahasiswan (Menwa) Unpad, Perisai Diri Unpad, Unit Catur Unpad dan lainnya. Sekretariat Badan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BPM Kema) Unpad pun terletak di sini.


Masjid Raya Ibnu Sina

Masjid Ibnu Sina Unpad Jatinangor. image-cr: anakunpad.com
Merupakan Masjid Universitas Padjadaran Kampus Jatinangor, dikelola oleh BK-LDK Unpad. Meski memiliki Masjid Raya, hampir setiap fakultas di Unpad Jatinangor memiliki Masjid Fakultas.
Masjid ini terletak di depan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpad dan di sebelah Timur Stadion Jati Padjadjaran.

Lapangan Eks Kopma
Lapangan ini berada di Kompleks UKM Barat, sering dipakai untuk kegiatan-kegiatan kemahasiswaan, seperti UKM, Masa Bimbingan maupun event-event besar seperti Student Day dan lain-lain.
PEF Unpad 2012 digelar di tempat ini.


Tanjakan Cinta
Tanjakan Cinta Unpad. image-cr: fauzisobatbumi.wordpress.com
Nah entah kenapa ini disebut sebagai Tanjakan Cinta (Tacin), padahal dari bentuknya tidak mirip bentuk hati. Plang arah Fakultas-fakultas dapat dilihat di sini. Di bagian tengahnya terlihat tanaman yang dibentuk bertulisan "UNPAD".


Lapangan Kickers
Lapangan Kickers. image-cr: anakunpad.com
Salah satu Lapangan Futsal di Unpad Kampus Jatinangor. Sering dipakai untuk event futsal. Terletak di depan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), di sebelah Barat Stadion Jati dan dekat dengan Tanjakan Cinta.


Brooklyn dan Tugu Kujang

Tugu Kujang di sebelah kiri dan kanan. Gambar dari arah Gerlam. image-cr: anakunpad.com

Daerah ini sering dipakai mahasiswa sebagai tempat nongkrong, promosi kegiatan bahkan berbagai kegiatan sering diselenggarakan di sini. Brooklyn ini merupakan area di sekitar ATM Center Unpad.
Tempat ini bakal terlihat ramai di pagi hari, karena merupakan tempat untuk naik Angkutan dalam kampus Unpad serta Odong-odong Unpad.
Area ini merupakan area paling bawah Unpad.


Arboretum, Taman Teletubbies dan Check Dam

Arboretum Unpad. image-cr: arboretum-ibik2.com
Check Dam Unpad. image-cr: alltravels.com
Nah daerah ini cukup besar, terutama Arboretum Unpad. Arboretum merupakan daerah hijau Unpad, satu kompleks Arboretum ini terdapat berbagai macam pepohonan dan tanam-tanaman. Di bagian depan Arboretum sering dipakai oleh Mahasiswa sebagai tempat berkumpul dan kegiatan-kegiatan santai dan refreshing.
Sementara Taman Teletubbies merupakan taman yang berada di Arboretum, sering dipakai juga untuk kegiatan mahasiswa. Disebut Taman Teletubbies karena rerumputannya yang hijau -terutama saat musim penghujan- yang (mungkin) seperti taman di serial Teletubbies.

Check Dam adalah sebuah danau kecil di Unpad, terletak di antara Arboretum dan Kompleks UKM Barat. Sering digunakan untuk kegiatan Kano, Flying Fox dan kegiatan air lainnya.

Nah selain tempat-tempat di atas, ada beberapa tempat yang merupakan Gerbang-gerbang Unpad, yakni Gerbang Bawah, yang merupakan gerbang keluar Unpad, tetapi jika malam hari (mulai maghrib) serta hari Sabtu-Minggu dan hari libur, Gerbang Bawah dipakai juga sebagai jalan masuk Unpad. Di Gerbang Bawah juga terdapat jalan masuk menuju Bank Mandiri dan Bank BNI Unpad.
Kedua adalah Gerbang Atas, yang merupakan Gerbang Utama masuk Unpad, plang arah fakultas-fakultas juga dapat dilihan di sini.
Terakhir adalah Gerbang Lama, atau disebut juga Gerlam yang erupakan gerbang khusus pejalan kaki. Di sini juga tempat berkumpulnya Ojek Kampus Unpad. Gerlam terletak di Brooklyn Unpad atau di depan Tugu Kujang.

Selain itu, ada dua tempat lagi, yakni Shelter Damri dan Pangkalan Damri (Pangdam). Keduanya merupakan tempat khusus untuk bis (terutama Damri). Shelter Damri terletak di bagian luar sebelah Barat Gerlam, sementara Pangkalan Damri (Pangdam) terletak di luar sebelah Utara Gerbang Bawah.


Oke, itulah beberapa Landmark di Universitas Padjadjaran Kampus Jatinangor.
Yap, semoga dapat bermanfaat bagi semua, terutama Mahasiswa Baru, Calon Mahasiswa Unpad serta Alumni Unpad. :D
Semoga Bermanfaat!

Post a Comment

  1. Replies
    1. oh iyah,
      lupa kemaren gak kemasukin. :D
      entar dah diedit lagi.

      Delete
  2. Lapangan merah ga masuk? Tempat buat ngospek kan tuh. 8-)

    ReplyDelete

Silakan berkomentar, gunakanlah bahasa yang santun dan sopan serta sesuai dengan tulisan di atas

Semoga Bermanfaat

{picture#https://scontent-sit4-1.cdninstagram.com/t51.2885-19/s150x150/17267722_1245948538787640_8789077931864358912_a.jpg} Admin Account Semoga Bermanfaat {facebook#http://facebook.com/semoga.bermanfaat} {twitter#http://twitter.com/sbermanfaat} {google#https://plus.google.com/u/0/116784461566972914884/} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#http://instagram.com/semogabermanfaat.ig}

Firman Maulana

{picture#https://3.bp.blogspot.com/-U1aM9n96h0Y/WM1XmBwF9aI/AAAAAAAAKXo/bUbTa07BrSsGHy7gIR5IWimOfQeiId9fgCLcB/s200/Firman_Founder.png} Founder & Chief Editor Semoga Bermanfaat. Mempunyai kesukaan dalam hal membaca, menulis, lari, dan sepakbola. {facebook#http://facebook.com/maulana.firman} {twitter#http://twitter.com/doausahaoptimis} {google#https://plus.google.com/112678098885074151099/} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#http://instagram.com/firmaulana}
Powered by Blogger.