بسم الله الرحمن الرحيم


image-cr: afadhlan.wordpress.com

Bandung, kota yang begitu indah. Orang-orang mengenalnya sebagai "Parijs van Java", atau Parisnya Jawa, karena keindahan kota ini. Bandung juga disebut Kota Kembang.
Nah, banyak hal yang menarik dari Bandung, dari berbagai aspek sehingga Bandung selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik luar maupun dalam negeri, baik setiap akhir pekan atau pada saat-saat tertentu.
Apa saja hal yang menarik di Bandung?


1. Udara sejuk Bandung
Mungkin sekarang ini sudah tidak begitu terasa, namun Bandung memang terkenal dengan udaranya yang sejuk yang membuat nyaman mereka yang berada di dalamnya. Namun sekali lagi, beberapa tahun terakhir ini Bandung memang menjadi sedikit lebih panas, tidak sesejuk dulu. Tapi ada sebuah harapan saat Walikota Bandung periode 2013-2018, Ridwan Kamil terpilih. Ia dikenal peduli akan lingkungan dan Ruang Terbuka Hijau (RTH), semoga saja dengan program-program yang dicanangkannya Bandung bisa kembali sejuk seperti dulu.
Saya jadi teringat satu hal, saat melewati Jalan Cipaganti, orangtua saya bercerita bahwa dulu di sepanjang Jalan Cihampelas kondisinya sama seperti Jalan Cipaganti, banyak pohon-pohon besar nan hijau yang teduh dan menyejukkan. Namun sekarang, setiap kali melewati Jalan Cihampelas, terasa sumpek dan panas, ditambah kemacetannya.
Namun sekali lagi, semoga Bandung bisa sesejuk dulu.

2. Kuliner Bandung
image-cr: bandung.panduanwisata.com
Bandung pun sangat terkenal dengan Kulinernya, berbagai macam makanan tersedia di sini, dijual mulai dari gerobak keliling, kedai kecil, hingga restoran mewah. Tak sedikit yang ketagihan dengan kulinernya, seperti Batagor, Martabak, Lotek, dan lain-lain.
Beberapa pusat makanan di Kota Bandung antara lain di sepanjang Jalan Burangrang, ataupun di daerah Jalan Setiabudhi, namun tentunya banyak tempat lain di Kota Bandung yang bisa memuaskan selera makan kita.

3. Fashion Bandung
Ini pun menjadi salah satu daya tarik Bandung, seperti yang diketahui bahwa setiap akhir pekan Bandung ramai dikunjungi selain di kawasan kuliner juga di kawasan fashion, terutama di daerah Bandung Utara yang terdapat banyak tempat penjualan pakaian. Factory Outlet pun tak kalah ramai dikunjungi.

4. Landmark dan Tempat Bersejarah
Bandung pun kaya akan tempat-tempat bersejarah. Kita mengenal Museum Konferensi Asia-Afrika, ada juga Gedung Merdeka sebagai tempat dilaksanakannya Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955. Lalu Jalan Braga yang juga sangat terkenal.
Bandung juga memiliki beberapa monumen, seperti Monumen Perjuangan yang terletak di jalan Dipati Ukur, tepat di depan Universitas Padjadjaran kampus Dipati Ukur. Di Monumen Perjuangan ini terdapat relief yang menggambarkan perjuangan rakyat Jawa Barat serta diorama di ruang pameran tepat di bawah Monumen Perjuangan. Ada juga Monumen Bandung Lautan Api yang terletak di area Taman Tegalega,
Landmark lain seperti Jalan Layang Pasopati, Gedung Sate, Villa Isola di Universitas Pendidikan Indonesia, Mesjid Raya Bandung, gedung Institut Teknologi Bandung, dan lain-lain.

5. Pendidikan


Institut Teknologi Bandung, image-cr: fedu.uec.ac.jp
Bandung pun tak lepas dari hal Pendidikan, tercatat empat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ada di kota ini, yakni Institut Teknologi Bandung (ITB) yang merupakan Institut Teknik terbaik di negeri ini, Universitas Padjadjaran (Unpad) yang dikenal akan bidang Medik, Hukum, Komunikasi, dan Ekonomi, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN-SGD). Selain keempat PTN tersebut, Bandung pun memiliki Perguruan Tinggi Swasta yang berkualitas, seperti Telkom University (Tel-U), Universitas Islam Bandung, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Katholik Parahyangan, juga Politeknik Negeri Bandung (Polban), Politeknik Manufaktur (Polman), dan masih banyak lagi.
image-cr: arenakarier.com
Beberapa Bimbingan Belajar besar pun berawal dari Bandung, seperti Ganesha Operation (GO) dan Sony Sugema College (SSC). Bandung juga memiliki 52 SMP Negeri dan 27 SMA Negeri.

6. Pusat Islam
Bandung pun dikenal dengan tempat-tempat sentral penyebaran agama Islam. Tercatat masjid-masjid besar yang menjadi tempat tujuan.
- Masjid Daarut-Tauhiid, di bilangan Gegerkalong Girang, Setiabudhi. Masjid yang dikenal karena sosok K.H. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Kawasan ini pun terlihat seperti kawasan pesantren, banyak santri di sana.
- Masjid Pusdai (Pusat Dakwah Islam) di jalan Diponegoro, yang hanya berjarak ratusan meter dari Gedung Sate. Masjid ini pun selalu ramai dengan kajian-kajian ataupun kegiatan Mabit serta pameran/Islamic Fair.
- Masjid Istiqomah, jaraknya cukup dekat dengan Masjid Pusdai. Masjid ini pun tak kalah ramai dengan kajian-kajian di dalamnya.
- Masjid Al-Ukhuwah. Terletak di samping Balai Kota Bandung, jalan Wastukencana. Sama seperti masjid lainnya, Masjid ini pun makin ramai dengan kajian. Kini, Masjid ini sering digunakan untuk Majelis Jejak Nabi Ust. Salim A. Fillah.
- Masjid Agung Bandung, yang merupakan Masjid terbesar di Bandung, dikenal juga dengan dua menaranya yang dari puncaknya kita bisa melihat sudut kota Bandung yang indah. Di halamannya pun terdapat taman yang cukup luas.
- Masjid An-Nuur, Biofarma. Terletak di sebelah Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS). Masjid yang mulai dibuka (setelah direnovasi) pada tahun 2012 ini pun ramai dengan kegiatannya, terutama Mabit.
- Masjid Habiburrahman, PT. Dirgantara Indonesia. Masjid yang terletak di kawasan Lanud Husen Sastranegara ini sangat ramai terutama saat Bulan Ramadhan. Masjid ini sering menjadi tujuan utama untuk melaksanakn Itikaf pada Ramadhan.
Masjid Habiburrahman, image-cr: newsjid.com
- Masjid Salman ITB. Merupakan salah satu Masjid Kampus yang paling ramai. Tengoklah ke sana setiap kali waktu Shalat Fardhu, Masjid selalu penuh dan ramai. Kajian-kajian pun rutin digelar, juga dengan Training-training serta kegiatan lainnya. Bisa dibilang ini merupakan Masjid Kampus terbaik di Bandung.

Selain Masjid-masjid di atas, banyak masjid lain tentunya yang semarak dengan kajian dan kegiatan keislaman lainnya. Menurut Walikota Bandung, Ridwan Kamil, terdapat sekitar 4000an Masjid di Kota Bandung, tinggal warganya yang memakmurkan Masjid-masjid ini.

7. Komunitas
Bandung terkenal dengan berbagai komunitas kreatif, mulai dari komunitas seni, pemuda, musik, lingkungan, budaya, olahraga, dan lain-lain.

8. Tempat Wisata, Ruang Hijau, Seni, dan Museum
Terdapat banyak tempat wisata di Bandung, seperti Kebun Binatang Bandung di Jalan Tamansari, Taman Hutan Raya (THR) Ir. H. Djuanda atau sering juga disebut Dago Pakar, yang di dalamnya terdapat Gua Belanda dan Gua Jepang. Ada juga Tempat Observasi Bosscha di daerah Lembang. Lalu kawasan Punclut, Babakan Siliwangi (Baksil) yang merupakan Hutan Kota, dan sebagainya. Terdapat juga beberapa Museum, selain Museum Konferensi Asia-Afrika, juga terdapat Museum Geologi, Museum Mandala Wangsit Siliwangi, Museum Sribaduga, dan lainnya. Untuk urusan Seni (termasuk Musik) Bandung pun punya, salah satu yang terkenal adalah Saung Angklung Mang Udjo, yang menjadi daya tarik bagi wisatawan asing maupun

9. PERSIB
image-cr: simamaung.com

Nah ini merupakan salah satu hal besar di Bandung. Persib!
Cobalah pergi menyusuri kota Bandung saat Persib bertanding, maka jalan relatif sepi, karena penduduk Bandung tengah asik menonton Persib, baik langsung ke Stadion (Si Jalak Harupat, Soreang, atau Siliwangi) maupun yang menggelar nonton bersama di cafe, tempat makan atau rumah masing-masing. Persib memang tak hanya milik warga Bandung, namun juga Jawa Barat.
Segala hal tentang Persib selalu menarik perhatian warganya. Kini terdapat banyak komunitas ataupun kelompok pendukung Persib, di antaranya Viking Persib dan Bomber.
Dan kini, warga Bandung terus menanti gelar yang terakhir kali didapat Persib pada tahun 1994.

Yap, inilah sedikit tentang Bandung, memang tidak mewakili seluruhnya, namun semoga semakin tertarik untuk mengunjungi Bandung tapi dengan tetap menjaga kebersihan dan ketertiban di dalamnya. :)

Selamat menikmati Bandung!

Post a Comment

  1. Betul, Bandung sudah mencakup semuanya dari pendidikan hingga hiburan dan sama macetnya ya seperti Jakarta *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, sedikit menyindir :D
      memang kini Bandung agak menyebalkan dengan masalah macet.
      tapi saya yakin, insya Allah walikota Ridwan Kamil bisa mendapatkan solusinya. :D

      Delete

Silakan berkomentar, gunakanlah bahasa yang santun dan sopan serta sesuai dengan tulisan di atas

Semoga Bermanfaat

{picture#https://scontent-sit4-1.cdninstagram.com/t51.2885-19/s150x150/17267722_1245948538787640_8789077931864358912_a.jpg} Admin Account Semoga Bermanfaat {facebook#http://facebook.com/semoga.bermanfaat} {twitter#http://twitter.com/sbermanfaat} {google#https://plus.google.com/u/0/116784461566972914884/} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#http://instagram.com/semogabermanfaat.ig}

Firman Maulana

{picture#https://3.bp.blogspot.com/-U1aM9n96h0Y/WM1XmBwF9aI/AAAAAAAAKXo/bUbTa07BrSsGHy7gIR5IWimOfQeiId9fgCLcB/s200/Firman_Founder.png} Founder & Chief Editor Semoga Bermanfaat. Mempunyai kesukaan dalam hal membaca, menulis, lari, dan sepakbola. {facebook#http://facebook.com/maulana.firman} {twitter#http://twitter.com/doausahaoptimis} {google#https://plus.google.com/112678098885074151099/} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#http://instagram.com/firmaulana}
Powered by Blogger.