URL Shrinking!

بسم الله الرحمن الرحيم


URL Shortener atau pemendek URL/alamat web mempunyai beberapa manfaat, tentunya sebagai alat untuk memendekkan URL agar terlihat lebih rapi dan juga mudah diingat. Banyak situs yang menyediakan layanan ini, yang paling terkenal di antaranya adalah bit.ly, tinyurl, juga URL milik raksasa Search Engine Google, yaitu goo.gl. Selain ketiga situs tersebut, ada juga adf.ly dan adfocus.us, keduanya sering digunakan karena dapat memberi imbalan uang kepada user yang menggunakan jasa mereka. Ad Fly misalnya, dapat membayar kita dengan US$ 5 setiap 10.000 visitor. Meski menguntungkan bagi user yang menggunakan jasanya, namun bagi sebagian orang ini membuat kesal, karena biasanya ketika kita mengklik suatu link yang dipendekkan menggunakan Adf.ly, kita di-redirect terlebih dahulu pada laman adf.ly, biasanya ada hitung mundur sekitar 5-8 detik dan bisa terus berulang sampai akhirnya kita benar-benar diarahkan ke URL yang dimaksud.

Saya pribadi lebih memilih menggunakan bit.ly, dan mendaftar di sana sebagai free user. Keuntungannya, kita bisa mengedit URL yang telah kita pendekkan (shrink/short), misalnya saya akan memendekkan URL berikut: https://bermanfaatsemoga.blogspot.com/2013/03/menjadi-umat-muhammad.html, lalu saya gunakan bit.ly sehingga menjadi https://bit.ly/14paJYY, meski bisa diingat, namun akan lebih mudah bila saya menggantnya menjadi https://bit.ly/MUMSBB. Nah itu salah satu contoh saja.

Oh iya, Facebook pun menggunakan fasilitas URL Shortener, sebagai contoh, ketika kita mencoba memendekkan sebuah URL dari Facebook ke bit.ly, maka akan berubah menjadi on.fb.me/(link).
Twitter pun menggunakan fasilitas URL Shortener, karena tentunya akan sangat bermanfaat bagi Twitter, dengan jumlah 140 karakter, maka jika kita memasukkan sebuah URL, biasanya akan dipendekkan menjadi t.co/(link) dan sebagainya.

Jadi, saya kira patut kita coba penyedia jasa URL Shortener ini, karena akan cukup berguna bagi kita, misalnya untuk mengetikkan di SMS kita tentang sebuah URL kepada teman kita, nah tentunya akan lebih mudah dan lebih cepat bagi kita untuk mengetikkan URL tersebut. Oh iya! URL Shortener ini Case Sensitive, jadi bit.ly/MUMSBB akan berbeda dengan bit.ly/mumsbb.
Oke, sekian saja, selamat mencoba! :D


No comments:

Silakan berkomentar, gunakanlah bahasa yang santun dan sopan serta sesuai dengan tulisan di atas