بسم الله الرحمن الرحيم

Bila anda menyempatkan pergi ke Padalarang (Bandung), maka sempatkanlah mengunjungi sebuah masjid yang megah di Kota Baru Parahyangan, masjid yang dimaksud tentu Masjid al-Irsyad (terletak di sebelah Al-Irsyad Satya Islamic School yang berafiliasi dengan Al Irsyad Singapore).

Masjid yang pembangunannya diarsiteki oleh Ridwan Kamil ini berdiri di atas lahan seluas 1 Ha dengan luas bangunan masjid 1700 m2dan luas selasar 800 m2diharapkan dapat menampung sekitar 1500 jamaah. Bentuk masjid yang boleh dibilang sangat unik, karena berbentuk kubus yang terinspirasi dari Kakbah di Masjidil Haram yang juga berbentuk kubus.

Masjid al-Irsyad di malam hari.
Selain dari bentuknya yang berbeda dari masjid-masjid lain pada umumnya, Masjid Al Irsyad memiliki keunikan lain yang membuat takjub, membuat kita mentafakuri salah satu tempat ibadah kepada-Nya.
Saat kita berada di luar masjid tersebut, maka kita akan melihat dinding masjid yang bertuliskan "Laa ilaa ha ilaLlah Muhammad RasuluLlah" yang berukuran amat besar dan terpampang di ketiga sisinya (sisi utara, selatan, dan timur). Pada malam hari, dinding ini akan bercahaya sebagai efek dari lampu yang menyala di dalam masjid.

Lalu, marilah kita memasuki masjid yang selesai pembangunannya pada 17 Ramadhan 1431 atau 27 Agustus 2010 ini. Saat di dalam masjid, kita akan merasakan keteduhan dan kesejukan, karena dinding-dinding masjid ini tidak sepenuhnya tertutup, melainkan terdapat beberapa bagian yang dibentuk berlubang (yang membentuk lafazh "Laa ilaa ha ilaLlah Muhammad RasuluLlah" tadi).
Tempat lampu berukirkan asmaul husna
Di atap masjid kita akan melihat tempat lampu yang berjumlah 99 dengan bagian bawahnya terukir asmaul-husna yang membuat kita tertakjub.

Tidak hanya sampai di situ, yang paling spesial dari Masjid Al Irsyad ini adalah sebuah bola bertuliskan lafazh "الله" ini yang terletak di atas kolam sepanjang shaf pertama dan sejajar dengan tempat shalat Imam. Bagian barat masjid ini pun (yang bola tadi terletak di sana) dibiarkan melompong, sehingga kita bisa melihat langsung alam yang terbentang indah di sebelah barat Masjid al-Irsyad ini.

Sungguh, inilah salah satu masjid yang tidak hanya mempunyai fungsi utama sebagai tempat beribadah kepada الله, tetapi juga memiliki nilai keindahan yang tadi telah dijelaskan. 
Semoga dengan hadirnya masjid ini akan semakin banyak masjid-masjid yang dibangun dengan indah tapi tetap dengan fungsinya sebagai tempat beribadah kepada الله.


Masjid Al Irsyad, Kota Baru Parahyangan

Bola berlafazhkan "الله"

Dinding bertuliskan Dua Kalimat Syahadat (Syahadatain)



Post a Comment

  1. subhanalloh review nya baguss seperti nya perlu kesana nih

    ReplyDelete
  2. @isw_banna

    alhamdulillah ya,
    syukran sudah berkunjung dan berkomentar.

    ya untuk lebih merasai suasananya, cukup segar kok di sana. :D

    ReplyDelete
  3. makasih sharenya mas bro. bermanfaat

    dan menyemangati sekali buat kita. o

    ya, saya lagi gerah ni sama pengelola

    blog yang hobinya copas dari blog

    orang lain. penjahat2 itu copas tanpa

    aturan untuk dilink lagi ke bisnis

    onlinenya. Ayo, bikin artikel lagi

    mas bro untuk mengkampanyekan

    gerakan perangi penjahat copas di

    internet. waspadai blogmu dicopas

    orang lain untuk cari duit penjahat

    copas.

    ReplyDelete
  4. @Siswanto

    sama-sama, terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar.

    yap, doakan saja supaya yang suka copast sembarangan berkurang dan beralih lebih kreatif dengan menulis artikel sendiri.
    :D
    semoga

    ReplyDelete
  5. wah keren banget masjidnya...

    ReplyDelete

Silakan berkomentar, gunakanlah bahasa yang santun dan sopan serta sesuai dengan tulisan di atas

Semoga Bermanfaat

{picture#https://scontent-sit4-1.cdninstagram.com/t51.2885-19/s150x150/17267722_1245948538787640_8789077931864358912_a.jpg} Admin Account Semoga Bermanfaat {facebook#http://facebook.com/semoga.bermanfaat} {twitter#http://twitter.com/sbermanfaat} {google#https://plus.google.com/u/0/116784461566972914884/} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#http://instagram.com/semogabermanfaat.ig}

Firman Maulana

{picture#https://3.bp.blogspot.com/-U1aM9n96h0Y/WM1XmBwF9aI/AAAAAAAAKXo/bUbTa07BrSsGHy7gIR5IWimOfQeiId9fgCLcB/s200/Firman_Founder.png} Founder & Chief Editor Semoga Bermanfaat. Mempunyai kesukaan dalam hal membaca, menulis, lari, dan sepakbola. {facebook#http://facebook.com/maulana.firman} {twitter#http://twitter.com/doausahaoptimis} {google#https://plus.google.com/112678098885074151099/} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#http://instagram.com/firmaulana}
Powered by Blogger.