Just giving once
But you telling everyone you meet
Just giving once
You're always talking about it
Just giving once
Act as doing good thing is your habit
Just giving once
Everybody has known what you did
Just giving once


When you give with your right hand
Don't let even your left hand
Know the good thing that you did

When you give something, don't tell anyone
When you give something, keep that with you
When you give something, just you and لله
Who known the good thing that you did


Yuhu! Sebelumnya, coba liat deh lirik di atas, menjelaskan tentang keikhlasan dalam berinfak dan bersedekah, jika kita memberi sesuatu, jangan katakan kepada siapa pun, pastikan hanya kita dan لله saja yang tahu. Tapi, bukan lirik lagu tadi yang akan dibahas, melainkan: Sedekah Yuuuk!!!

Ya! Sedekah, kalo boleh saya bilang sih, sedekah adalah salah satu cara untuk mendapatkan amal kebaikan plus cara cepat kaya! Hohoho, Rp Rp Rp!!! (Tapi inget, kudu ikhlas, kalo ngarep dapat duit lagi sih jangan deh, nanti juga balesannya dateng kok)
Banyak banget manfaat dari sedekah, tentunya selain dapet amal kebaikan, kita juuga dapat manfaat yang lain, apa aja tuh? nah nanti deh kita bahasnya, sekarang, tak mau jelasken dahulu, Mengapa Musti Sedekah?, MMS kalo disingkat. Mengapa ya?


Tapi sebelumnya, saya uraikan dahulu sedikit mengenai pengertian sedekah.
Sedekah berasal dari bahasa Arab, yaitu shadaqah, artinya suatu pemberian yang diberikan oleh seorang Muslim kepada orang lain secara spontan dan sukarela, tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Juga berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang sebagai kebajikan yang mengharap ridha لله dan pahala semata.
Nah, sedekah dalam pengertian di atas oleh para ahli fiqih disebut shadaqah at-tathawwu' (sedekah secara spontan dan sukarela).

Tapi, sedekah berbeda dengan zakat dan infak, nah ini nih pengertian dari zakat dan infak:
  • Zakat
    Nama bagi sejumlah harta tertentu yang telah mencapai syarat tertentu yang diwajibkan oleh لله untuk dikeluarkan dan diberikan kepada yang ebrhak menerimanya dengan persyaratan tertentu pula. Setiap harta yang sudah dikeluarkan zakatnya akan menajdi suci, bersih, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang.

  • Infak
    Berarti mengeluarkan sebagian harta untuk suatu kepentingan yang diperintahkan ajaran Islam. Jika zakat ada nisabnya, infak tidak mengenal nisab. Jika zakat harus diberikan kepada mustahik tertentu (8 golongan yang ebrhak menerima), maka infak boleh diberikan kepada siapapun juga.
    Infak dikeluarkan oleh setiap orang yang beriman, baik yang berpenghasilan tinggi maupun rendah, pada saat waktu lapang atau sempit.


Lalu, bedanya infak sama sedekah apa dong? Nah bedanya infak berkaitan dengan materi, maka sedekah memiliki arti yang lebih luas, yaitu menyangkut hal yang bersifat nonmaterial juga.


Nah, udah ngerti kan apa itu sedekah? Oke dah, kita teruskan


Mengapa Mesti Sedekah (MMS)?



Sedekah Itu Perintah
Yap! Sedekah itu perintah, banyak sekali ayat dalam alquran yang mengandung suruhan untuk bersedekah, di antaranya,
"Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafa'at. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim." (Al-Baqarah: 254)

لله Menyuburkan Sedekah
"Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa." (Al-Baqarah: 276)

Yang dimaksud dengan memusnahkan riba ialah memusnahkan harta itu atau meniadakan berkahnya. Dan yang dimaksud dengan menyuburkan sedekah ialah memperkembangkan harta yang telah dikeluarkan sedekahnya atau melipat gandakan berkahnya.


Mengapuskan Dosa dan Kesalahan
Sabda رسول الله صلى الله عليه و سلم:
"Bersedekahlah kalian, meski hanya dengan sebiji kurma. Sebab, seekah dapat emmenuhi kebutuhan orang yang kelaparan dan memadamkan kesalahan, sebagaimana air mampu memadamkan api." (HR Ahmad dan Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih Al-Jami')

Mendapatkan Naungan di Mahsyar
Sabda رسول الله صلى الله عليه و سلم:
"Sesungguhnya, sedekah akan memadamkan panasnya kubur dari pelakunya dan seorang muki\min kelak pada hari kiamat akan bernaung di bawah naungan sedekahnya."



Nah, setelah membaca beberapa alasan mengapa kita mesti sedekah, tentunya harus memotivasi kita agar terus ataupun agar mulai bersedekah.
Tapi, saya lagi gak punya uang, gimana mau sedekah? Hehe, nyantai saja, sedekah enggak sebatas dengan uang atau materi, tapi bisa juga dengan hal lain,
رسول الله صلى الله عليه و سلم bersabda:
"Setiap persendian manusia mempunyai kewajiban bersedekah pada setiap hari ketika matahari terbit. Engkau berlaku adil antara dua orang adalah sedekah. Engkau membantu seorang dengan cara menangkatnya naik ke atas kendaraannya atau engkau angkatkan barang-barangya ke atas kendaraan adalah sedekah. Setiap langkah menuju shalat adalah sedekah. Dan menyingkirkan duri di jalan adalah sedekah." (HR Bukhari)

Pengen tahu gimana aja caranya sedekah tanpa uang?
Tunggu note selanjutnya dari edisi "Sedekah Yuk" ini.

(Next "Sedekah Yuk" series: Sedekah Tanpa Uang)

Post a Comment

Silakan berkomentar, gunakanlah bahasa yang santun dan sopan serta sesuai dengan tulisan di atas

Semoga Bermanfaat

{picture#https://scontent-sit4-1.cdninstagram.com/t51.2885-19/s150x150/17267722_1245948538787640_8789077931864358912_a.jpg} Admin Account Semoga Bermanfaat {facebook#http://facebook.com/semoga.bermanfaat} {twitter#http://twitter.com/sbermanfaat} {google#https://plus.google.com/u/0/116784461566972914884/} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#http://instagram.com/semogabermanfaat.ig}

Firman Maulana

{picture#https://3.bp.blogspot.com/-U1aM9n96h0Y/WM1XmBwF9aI/AAAAAAAAKXo/bUbTa07BrSsGHy7gIR5IWimOfQeiId9fgCLcB/s200/Firman_Founder.png} Founder & Chief Editor Semoga Bermanfaat. Mempunyai kesukaan dalam hal membaca, menulis, lari, dan sepakbola. {facebook#http://facebook.com/maulana.firman} {twitter#http://twitter.com/doausahaoptimis} {google#https://plus.google.com/112678098885074151099/} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#http://instagram.com/firmaulana}
Powered by Blogger.