Nah, mari kita lanjutkan pembahasan kita mengenai betapa dahstarnya ilmuwan muslim.

Kali ini kita akan membahas tentang ilmuwan muslim bernama Ibnu Rusyd, atau yang dikenal di Barat dengan nama Averoes



Ibnu Rusyd lahir pada tahun 1126 Masehi, di Cordoba, ibukota Andalusia (Spanyol). nama lengkapnya adlah Muhammad bin Ahmad bin Muhammad Ibnu Rusyd. Ia keturunan para ahli teologi dan ahli hukum.

Ibnu Rusyd dikenal sebagai orang yang gemar belajar dan membaca sepanjang hidupnya. Pendidikannya dimulai dari madrasah ke madrasah, akhirnya sampai ke perguruan tinggi. Hampir semua disiplin ilmu ia kuasai, seperti Ilmu Fiqih, Ilmu kalam, Ilmu Sastra, Ilmu Tasawuf, Ilmu Politik, Ilmu Falsafah, Ilmu Kedokteran, Ilmu Matematika, dan Ilmu Logika. Semua ilmu itu ia peroleh dari para pemikir yang termasyhur macam Ibnu Farabi, Ibnu Bajah (Avenpace), Ibnu Thufail, Dr. Abu Ja'far, Ibnu Zubair, dan sebagainya, karena itu Ibnu Rusyd dijuluki "Greatest Moslem Philosopher, Astronomer, Physician, and Aristotiem Comentatot".
Wuih! Panjang banget ya! Subhanallah!

Ibnu Rusyd sebagai penulis yang sangat produktif, tidak kurang dari 10 ribu hasil karyanya yang dihimpun selama 40 tahun, dengan rincian 78 buah buku berbagai disiplin ilmu, dan sebagian besar lainnya berupa brosur dan karya ilmiah, tetapi sayang sebagian buku-bukunya itu dibakar oleh tentara Jenderal Xumenes yang fanatik dan biadab dan bertujuan menghapus pemerintahan Muwahiddien.

Di antara buku-bukunya yang sangat terkenal adalah Tahafutu Tahafut, yaitu merupakan tantangan terhadap buku Imam Al-Ghazali yang berjudul "Tahafutul Falasifah" (Kesesatan Ahli Filsafat), "Bidayat al Mujtahid wa Nihayat al Muqtashid" (Tingkat permulaan bagi ahli-ahli hukum dan tingkat terakhir bagi orang-orang yang ilmunya sederhana), "Kulliyat fit Thibbi" (Dasar-dasar pokok Ilmu Kedokteran).

Masa-masa Cemerlang

Kecemerlangan Ibnu Rusyd dapat dikatakan sebagai dua mata uang yang berisi muka sama. DI dunia Barat Ibnu Rusyd muncul dengan ketinggian ilmunya sebanding dengan filosuf Al-Kindi, Al-Farabi, dan Ibnu Sina. Ia berhasil menyelaraskan agama Islam, falsafah dan ilmu-ilmu lainnya.

Walaupun demikian, ia tidak sepopuler di dunia Timur/Islam, tetapi justru di Barat yang kebanyakan bukan muslim. Ia pernah mendapat undangan dari kepala negara Muwahidin Abdul Mu'in, untuk membicarakan masalah-masalah pendirian sekolah-sekolah, dan bagian-bagian ilmiah. Kesimpulannya, ia emmang seorang ahli dan cakap. Untuk mengembangkan ilmu, ia pernah ke Maroko guna mengajarkan ilmu filsafat dan ilmu negara kepada kepala negara.

Ia juga pernah diangkat sebagai hakim dan ketua Mahkamah Agung di kota Sevilla (di Andalusia) selama 25 tahun, selain sebagai guru besar, rektor, penasehat politik, dokter, filsouf, dan sebagainya.

Ke Pengadilan
Karena jabatan dan ketinggian ilmunya itu, menimbulkan orang lain iri dan menyebarkan fitnah kepada Ibnu Rusyd. Fitnah itu termakan oleh Khalifah al-Mansur, sehingga Ibnu Rusyd dituntut ke pengadilan. Ibnu rusyd dituduh sebagai pengacau dengan menyebarkan ilmu-ilmu Yunani/ Sebagai hukumannya, ia dibuang ke perkampungan Yahudi "Lucena". Hukuman yang sangat menusuk eprasaan dan hatinya adalah ejekan dari rakyat. Ketika ia melaksanakan shalat Ashar bersama sahabatnya, ia diejek dan diusir dari masjid Cordoba. karyanya dibakar, dan sebagainya.

Begitulah nasib yang menimpa dirinya, namun setahun kemudian para ulama mengadakan protes agar Ibnu Rusyd dibebaskan karena tidak bersalah. AKhirnya menyesallah Khalifah, bahkan sempat dikeluarkan surat pengampunan dengan penuh kejujuran dan keikhlasan.

Setelah dibebaskan, ia kembali ke Cordoba dan berkumpul lagi dengan keluarganya dan para sahabatnya. Namun tidak lama kemudian ia wafat pada tahun 1198 Masehi dalam usia 72 tahun. Seorang filosuf besar dari barat yang menjadi kebanggan Cordoba dan kebanggan Islam di dunia barat dengan karya-karyanya yang besar.

Post a Comment

Silakan berkomentar, gunakanlah bahasa yang santun dan sopan serta sesuai dengan tulisan di atas

Semoga Bermanfaat

{picture#https://scontent-sit4-1.cdninstagram.com/t51.2885-19/s150x150/17267722_1245948538787640_8789077931864358912_a.jpg} Admin Account Semoga Bermanfaat {facebook#http://facebook.com/semoga.bermanfaat} {twitter#http://twitter.com/sbermanfaat} {google#https://plus.google.com/u/0/116784461566972914884/} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#http://instagram.com/semogabermanfaat.ig}

Firman Maulana

{picture#https://3.bp.blogspot.com/-U1aM9n96h0Y/WM1XmBwF9aI/AAAAAAAAKXo/bUbTa07BrSsGHy7gIR5IWimOfQeiId9fgCLcB/s200/Firman_Founder.png} Founder & Chief Editor Semoga Bermanfaat. Mempunyai kesukaan dalam hal membaca, menulis, lari, dan sepakbola. {facebook#http://facebook.com/maulana.firman} {twitter#http://twitter.com/doausahaoptimis} {google#https://plus.google.com/112678098885074151099/} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#http://instagram.com/firmaulana}
Powered by Blogger.